Kepikunan Dini dapat dicegah dengan musik

Wah, akhirnya dapat topik untuk dibicarakan lagi. Hari ini saya membaca sebuah artikel di koran kompas pada hal 33. Pasti sudah pada baca kan? Saya tertarik dengan judulnya. Ternyata kepikunan atau nama kerennya demensia itu bukan hanya diderita oleh orang tua atau lansia, tapi anak muda pun dapat terkena kepikunan. Kepikunan itu disebabkan oleh kerusakkan sel-sel otak sehingga berakibat penurunan daya ingat. Singkatannya PDI ( Penurunan Daya Ingat ). Hehehe... Siapa sih yang mau, masih muda tapi uda pikun?

Tenang saja. Ternyata kepikunan dini tersebut dapat dicegah dengan kebiasaan dan pola hidup yang baik. Misalnya saja dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi sehingga otak kamu terpenuhi nutrisi yang dibutuhkan dan juga harus berolahraga dengan teratur. Terbukti makanan berkolestrol selain membuat badan kita melar, dapat juga menyebabkan penyakit demensia ini. Percaya? Cobain aj.. Hehehe... Jangan deh coba-coba makan makanan yang mengandung banayk kolestrol. Makan boleh, tapi jangan kebanyakan.

Bila irama kerja kamu terlalu tinggi tanpa diselingi hiburan, itu juga dapat menyebabkan kepikunan.

Nah, ada cara lebih mudah nih... Ternyata menurut artikel di koran tersebut mengatakan bahwa musik dapat melatih otak kita. Bukan hanya dengan mendengarkannya saja, tapi dengan belajar tentang musik sangat membantu. Misalkan dengan belajar memainkan alat musik, berlatih membaca not balok, dan menciptakan lagu. Semakin sering kita memfokuskan hal ini, maka akan sering pula otak kita terlatih dan akan semakin pula, kita dapat mencegah kepikunan dini karena semua aktivitas musik dapat membantu meningkatkan intelegensia otak dan mencegah kepikunan. So, bagi yang sudah terbiasa dalam musik, berbahagialah karena akan semakin sulit kamu terkena penyakit ini. Tapi bagi yang belum menyukai musik, bagaimana? Apakah kamu mulai akan menyukai musik??

Terimakasih bagi penulis artikel ini karena telah memberikan ide untuk menambah tulisan di blog ini. Saya sangat tertarik sekali dengan artikel ini.
Dikutip dari "Kompas, 23 September 2008 hal 33"

Komentar

Anonim mengatakan…
Untung aku senang musik ya, so bakal terhindar dari kepikunan,. hehe

Salam kenal ya

Postingan Populer