PANCA – TAS

Orang-orang sukses itu pada umumnya memiliki dan menampilkan sifat-sifat pribadi atau cirri-ciri watak yang dapat diringkas menjadi PANCA – TAS, yaitu :
1. Kreativitas : Pikiran lincah yang senantiasa bergerak menghasilkan ide-ide baru.
2. Progresivitas : Kemauan maju terus dan hasrat meraih sukses dalam setiap usaha, jabatan atau pekerjaan yang ditangani. Kemajuan atau progress itu tidak perlu selalu ke atas, melainkan harus selalu ke depan.

3. Integritas : Akhlak yang luhur dan hati yang bersih sehingga mempunyai kebajikan hidup ( misalnya kejujuran, kesetiaan, semangat pengabdian, rasa tangging jawab ).
4. Kapabilitas : ketrampilan kerja, kemahiran memutuskan, dan pengetahuan efisien yang diperoleh dari pendidikan formal, pengalaman hidup maupun terutama pengembangan diri.]
5. Personalitas : Sifat-sifat pribadi yang menimbulkan penghargaan tinggi pada rekan maupun pihak bawahan, misalnya ketegasan ( sifat percaya diri ), kemanusiaan ( sifat humanitas ), kerakyatan ( sifat demokratis ), dan keadilan ( sifat objektif ).
Apa sihh… SUKSES itu ???
SUKSES adalah….
Dalam suatu majalah Dunia Buku dimuat ulasan berjudul “Dua Jenis Manusia” yang mempertentangkan orang sukses dengan orang gagal dalam dua ciri :
1. Orang yang berhasrat mencapai sukses dalam hidup lebih senang pada pekerjaan yang sukar karena ia memiliki kepercayaan diri dan menghargai dirinya sendiri pula. Sebaliknya orang yang mengandung benih kegagalan dalam dirinya selalu mencari pekerjaan yang gampang agak sesedikit mungkin mengeluarkan tenaga.
2. Orang sukses menempuh hidupnya dengan pedoman “COBALAH !” sebaliknya orang gagal selalu bertanya, “APA GUNANYA ?”
Dari ciri-ciri diatas, termasuk apa kita, orang sukses atau gagal??

Komentar

Postingan Populer