6 Trik Jitu Menghadapi Ujian

Ujian….. Siapa sih… yang gak pernah ujian??? Pasti semua orang pernah menghadapi yang namanya ujian. Ya, ujian di sekolah. Semua orang pasti ingin mendapatkan nilai yang maksimal dalam ujian. Untuk menghadapi ujian, ternyata ada triknya lho… Etttsss…. Tunggu dulu, trik jitu ini bukan dengan cara membuat contekan…. Hehehehe…. Tetapi trik berikut ini adalah trik yang cocok untuk semua orang dalam menghadapi ujian. Mau Tahu?

Trik pertama : Pasang Target
Buat memulainya, tulis target nilai yang ingin dicapai di selembar kertas. Kalau bias tulis yang gede dengan tinta merah agar bias membawanya setiap saat. Kemudian temple di atas meja belajar atau tempat yang bias kamu lihat dengan mudah. Setiap pagi atau setiap mau belajar, coba deh, lihat target nilai yang ingin dicapai. Pasti semangat belajar kita akan bertambah. Jangan berpikir, kalau kita tidak bias mendapatkan nilai 100 atau A. Kita pasti bias asal berusaha.
Trik kedua : Buat Jadwal Belajar dan Agenda yang Pas
Cara ini bagus banget, deh.. Selain dapat melatih kedisiplinan, juga dapat mengatur waktu dengan tepat. Saat membuat jadwal, usahakan jadwal itu nggak beda jauh dengan aktivitas sehari-hari biar nggak kaget dan ujung-ujungnya jadi malas. Kalau sudah bikin jadwal, coba tanamkan pada diri kita untuk mematuhinya dengan bertanggung jawab.
Trik ketiga : Belajar Mulai dari Sekarang
Enggak ada kata terlambat buat belajar. Camkan hal itu dalam benak kita kalau ingin sukses. Kadang, bila ujian masih lama, kita bermalas-malasan dengan alasan, “ Ah, ujian kan masih lama!” Itu justru bukti kelemahan diri kita bahwa kita nggak punya persiapan yang matang dalam menghadapi sesuatu. Belajar itu nggak perlu ditunda-tunda dan jangan sekali-kali, deh berpikir entar-entar aja belajarnya. Kalau bias, mulai sekarang persiapkan ujianmu dengan nyicil belajar dan hilangkan adat SKS ( Sistem Kebut Semalam ).
Trik Keempat : Jaga Kesehatan
Enggak banget kalu saat ujian kita sakit dan harus ikut ujian susulan. Apalagi ujian susulannya ditungguin guru killer pula. Mau?? Jadi, lebih baik dari sekarang jaga kesehatan. Kalo perlu minum vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Trik Kelima : Pede Aja Lagi
Yang namanya rasa tegang saat ujian itu pasti ada. Apalagi kalau itu ujian akhir. Enggak apa-apa kok, itu manusiawi. Jnagan khawatir, pede aja dan nikmati semua yang tengah dilakukan. Soalnya yang tegang bukan sendirian aja. Lakukan semuanya dengan santai. Anggap saja kalau kita sedang main game dan yakinkan diri kita bahwa kita dapat mengerjakan dengan baik. JANGAN LUPA TELITI DAN PERIKSA LAGI JAWABANNYA!
Trik Keenam : Jangan Lupa Berdoa
Langkah yang terakhir adalah jangan lupa berdoa kepada Tuhan. Kita mesti ingat bahwa walaupun manusia berencana, tapi Tuhan juga yang menentukan. Kita harus yakin bahwa Tuhan akan membantu untuk selalu diberi ketenangan dan kepandaian biar ujian kita berhasil dan jangan lupa bersyukur atas anugerah-Nya.

Komentar

Anonim mengatakan…
BRAVO, sarannya bagus!
abdurahman fuad alkindy mengatakan…
bagus. . . Kebetulan saya lagi ujian uts .ujian tengah semester. Makasih ya semoga manjur tips nya. . . . . . . .ter. Makasih ya semoga manjur tips nya. . . . . . . .

Postingan Populer