Cegah Darah Tinggi

Siapa sih… yang gak takut sama darah tinggi?? Kedatangannya pada tubuh kita seringkali bersamaan dengan penyakit lain seperti : kencing manis, rematik, hiperfungsi kelenjar tiroid, dll. Oleh karena itu, cegahlah penyakit ini sebelum datang pada kita. Seperti kata pepatah, Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mencegah peyakit darah tinggi dapat kita lakukan secara alamiah maupun dengan menggunakan tanaman tradisional. Secara alamiah dapat kita cegah dengan menghindari mengkonsumsi daging kambing dan buah durian secara berlebihan. Hentikanlah mengkonsumsi minuman yang mengandung kadar kafein yang tinggi. Perbanyaklah olahraga secara teratur dan terkontrol seperti : jalan kaki, naik sepeda dan berenang, dll. Kita juga dapat menggunakan tanaman tradisional. Biasanya kita merebus terlebih dahulu tanaman tradisional. Tapi ingat!! Sebelum direbus, tanaman harus dicuci bersih dan dikeringkan agar kuman dan bakteri yang ada di daun hilang. Rebuslah daun dengan menggunakan pot keramik. Jangan menggunakan panic berbahan besi, aluminium atau kuningan untuk mencegah timbulnya endapan. Banyak resep yang bias kita dapatkan. Berikut ini adalah resep-resep pencegahan penyakit darah tinggi :

Resep 1 :
Bahan : bawang putih dikupas kulitnya sebanyak 2 butir.
Cara : bawang putih dikunyak sampai halus lalu ditelan dan minumlah air hangat sebanyak 1 cangkir. Lakukan 3 kali sehari.
Resep 2 :
Bahan : buah mentimun 2 buah.
Cara : cuci bersih lalu parut mentimun. Peras dan saring lalu minum sarinya. Lakukan 3 kali sehari.
Resep 3 :
Bahan : 3 lembar daun alpukat.
Cara : cuci bersih, seduh dengan air panas. Minum setelah dingin.
Resep 4 :
Bahan : pisang 3 sampai 5 buah.
Cara : dimakan sebagai buah segar.
Resep 5 :
Bahan : teh hijau secukupnya.
Cara : seduh hingga temperature 80°C lalu diminum seperti the biasa.
Resep 6 :
Bahan : 50 sampai 150 gram rambut jagung.
Cara : cuci bersih, rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 12 gelas. Saring setelah dingin. Diminum pagi hari setelah makan.
Resep 7 :
Bahan : buah pepaya mengkal secukupnya.
Cara : kupas kulitnya, potong-potong lalu dimakan sebagai rujak / manisan.
Demikianlah resep-resep pencegahan penyakit darah tinggi secara tradisional. Semoga dapat membantu kita untuk mencegah penyakit yang jahat ini. Ingat!!! Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Komentar

Postingan Populer