Perkembangan Generasi Teknologi

Siapa yang tidak tahu kalau kemajuan Teknologi Informasi sangatlah berkembang dengan pesat. Pada zaman dahulu, tak ada yang berpikiran bahwa kita dapat saling berkirim surat, gambar, lagu maupun video dengan orang yang berada sangat jauh dengan kita. Awal mula generasi teknologi komunikasi yang disebut 0G, pada zaman ini kita hanya dapat berkomunikasi satu arah. Telepon yang ada di rumah kita masih dihubungkan dengan kabel tembaga agar kita dapat berkomunikasi dengan orang lain. Bayangkan kalau kta ingin berkomunikasi dengan orang yang berada di luar pulau kita berada. Coba ukur berapa panjang kabel tembaga tersebut.

Nah, kita boleh lebih senang sampai berkembangnya teknologi informasi yang disebut 1G. 1G merupakan perkembangan lanjutan setelah 0G. Pada masa 1G kita dapat menemui telepon yang sudah tidak memerlukan kabel tembaga untuk menghubungkannya. Tapi bentuk dari telepon pada masa itu masih segede batu bata, dimana kalau ada maling, telepon itu bisa menjadi senjata pertama. Telepon tersebut juga harus memiliki antena, yang ketika kita ingin menelepon kita harus menarik antena terlebih dahulu. Repot sekali ya.. Huhhh…
Beberapa tahun kemudian, muncullah teknologi 2G, yaitu mulai muncul yang namanya GSM, IS-136 TDMA dan CDMA. Handphone-handphone yang tadinya sangat besar dan memiliki antena. Sekarang menjadi lebih kecil. Saat itu perusahaan NOKIA lah yang memulai meluncurkan produk handphone tanpa menggunakan antena. 2G terus berkembang, handphone-handphone yang berukuran besar mulai menjadi berukuran kecil. Saat itu handphone masih sangat sederhana, hanya dapat digunakan untuk SMS dan telepon.
Hingga muncul teknologi 2.5G, saat itu munculnya GPRS, kita bukan hanya dapat mengirim SMS ataupun telepon, tapi kita sudah dapat mengirim gambar. Saat itu juga, internet sudah lebih dikenal oleh masyarakat. Tetapi kecepatan internet masih sangat lambat.
Saat ini telah berkembang teknologi 3G. Kita dapat melakukan panggilan video call. Kita dapat melihat lawan bicara kita dari hanphone, kita dapat mengetahui apa yang sedang dilakukan lawan bicara kita. Sekarang juga sudah ada 3.5G, yaitu kita dapat berinternet dengan cepat.
Nah, sekarang para ilmuan sedang mengerjakan teknologi 4G dimana katanya disiapkan untuk tahun 2010.

Komentar

Anonim mengatakan…
Wah Vid, cepet banget y dah ada di blog kamu.... Hohoho

Soal na sebelum aq masukin ke makalah pasti hrus diverifikasi dulu. N bgitu ku cari langsung ke temu di blog kmu...

O y, nanti tulisan itu kayaknya ngga bisa masuk bab, mungkin ke bagian pendahuluan lebih bagus, cuman bakal ada perubahan, soal na sumber harus ter-verifikasi n approved...

Postingan Populer