Kata apa yang sulit untuk diucapkan?

Awal bulan Oktober merupakan awal bulan untuk kita untuk saling bermaaf-maafan. Apakah kamu tahu? Ternyata kata-kata yang sulit diucapkan oleh kita yaitu maaf dan terimakasih. Apakah kamu pernah merasakan beratnya mengucapkan kata maaf dan terimakasih kepada orang lain??

Mungkin kamu berpikiran,"Halah, ngomong maaf and terimakasih aja kok susah? Maaf maaf maaf maaf maaf, terimakasih, terimakasih, terimakasih, terimakasih. Mudahkan?" Eits..., jangan salah. Kalo gitu se mank gampank. Coba, kalo kita udah berbuat salah dengan orang, apalagi orang tersebut lebih muda dari kita. Kita pasti akan gengsi tuk mengucapkan kata maaf bila kita berbuat salah. Kita merasa, toh gw lebih tua dari dia, trus buat apa gw bilang maaf. Nah, hal itulah yang banyak terjadi diantara kita semua. Tanpa kita sadari, kita susah sekali untuk meminta maaf dan berterimakasih kepada seseorang. Betul gak? Apalagi kalo orang yang pendiriannya keras kepala, beh... itu susa sekali untuk menghargai orang lain.

Sulitnya mengucapkan kata maaf dan terimakasih dapat kita liahat juga pada seorang anak kecil. Setiap orang tua selalu mengajari anaknya untuk mengucapkan terimakasih bila diberi sesuatu oleh orang lain dan mengucapkan maaf bila berbuat salah kepada orang lain. Tapi anak tersebut bila tidak selalu dingatkan untuk mengucapkan kedua kata tersebut, anak tersebut selalu lupa mengucapkannya. Hal ini menjadi bukti bahwa, sulit sekali mengajarkan anak kita kedua kata tersebut. Mungkin kamu berpikir,"Kan masi anak kecil, ntar pas uda gede juga ga bakal susah buat ngucapinnya." Kalo, kamu berpikir begitu berarti salah.. Kalo dari kecil seorang anak tidak dididik untuk terbiasa mengucapkan kata maaf dan terimakasih, maka anak tersebut akan menjadi anak yang keras dan ingin menang sendiri. Kok jadi ngomongin anak ya? Hehehe...

Bener gak seh, bilang maaf sama terimakasih itu sulit? Untuk menjawab pertanyaan itu harus kembali pada diri kita. Sudahkah kita meminta maaf atas kesalahan yang pernah kita lakukan terhadap orang lain? Sudahkah kita mengucapkan terimakasih kepada orang yang telah berjasa, membantu kita? Walaupun terhadap musuh kita, kita pun harus terbiasa mengucapkan hal itu. Karena mana tau dengan mengucapkan kata-kata itu, permusuhan tersebut dapat berubah menjadi suatu perdamaian yang indah. Apakah perdamaian bisa diwujudkan? Pasti bisa kalau kita tidak berpikiran egois.

Ada gak pengalaman kamu tentang kata-kata maaf dan terimakasih? Kalau ada, kamu boleh berbagi pengalaman. Kamu tinggal memberi komentar terhadap tulisan ini dan kamu bisa menjadi bukti bahwa kata maaf dan terimakasih merupakan kata yang sulit diucapkan.

Komentar

Anonim mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Postingan Populer